Connect with us

Pilkada Serentak, Empat Anggota Dewan Sultra Mundur

Metro

Pilkada Serentak, Empat Anggota Dewan Sultra Mundur

 

SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilakukan pada Desember 2015 mendatang membuat semua calon yang akan tampil segera mempersiapkan diri.

Dengan adanya peraturan baru yang mengharuskan semua anggota dewan yang akan tampil dalam pilkada harus rela mengundurkan diri dengan melepaskan jabatannya sebagai wakil rakyat.

Hingga saat ini, sudah tercatat empat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi mengundurkan diri.

Surunudin Dangga dari Partai Golkar yang pertama mengajukan surat pengunduran diri, kemudian La Pili dari Partai PKS disusul Wahyu Ade Pratama yang juga dari Partai Golkar dan hari ini, Muhammad Endang juga resmi mengajukan pengunduran diri.

“Hingga saat ini sudah ada empat orang yang ajukan pengunduran diri, sebelumnya ada tiga tapi hari ini Muhammad Endang juga sudah memberikan kepada kami surat pengunduran dirinya,” terang Kabag Persidangan, Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Sultra, Senin (27/7/2015).

Dikatakannya, empat surat pengunduran diri yang telah masuk tersebut akan segera diproses untuk pemberhentiannya. Kemudian setelah itu akan diajukan kepada Mendagri melalui gubernur.

“Kalau sekerang proses di Mendagri pasti cepat karena sudah mendesak, anggota dewan itu diangkat dan diberhentikan melalui mendagri,” ujarnya.

 

Ditambahkannya proses tersebut sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top