Connect with us

97 Persen Anak dan Isteri Pejabat Lolos ke Parlemen

Hukum & Kriminal

97 Persen Anak dan Isteri Pejabat Lolos ke Parlemen

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Seperti sudah diprediksi dari awal, parlemen dari pusat hingga daerah kabupaten akan ramai diisi para anak, isteri pejabat serta kalangan berduit. Inilah yang dihasilkan dari pesta demokrasi pemilu 2014. Dari data hasil pleno KPUD kabupaten/kota dan provinsi maka mereka-mereka yang lolos di parlemen adalah anak dan isteri pejabat. Bahkan diprediksi 97 persen anak, isteri pejabat yang berlaga di pemilu 2014 dipastikan lolos ke parlemen.

Di Kota Kendari dua putra Ir H Asrun MEng Walikota Kendari yang maju di DPRD Sultra dan DPRD Kota Kendari dalam perhitunga suara KPUD Kota Kendari melenggang ke parlemen dengan perolehan suara yang cukup besar. Demikian pula isteri H Nur Alam Gubernur Sulawesi Tenggara lolos ke parlemen pusat mewakili Sultra.

Selain itu, dari delapan calon legislatif perempuan lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum Sultra, Jumat, 24 April lalu, maka dipastikan mereka adalah isteri-isteri pejabat, mulai dari isteri bupati, sekda hingga isteri pengusaha besar.

Bahkan, caleg perempuan yang lolos tersebar pada empat daerah pemilihan di Sultra ini mampu meraup suara suara terbanyak di internal partainya yang dipastikan meraih kursi di DPRD Sultra.

Ketua KPUD Sultra Hidayatullah mengungkapkan, caleg perempuan yang dipastikan lolos tersebut sebanyak tiga orang dari enam kursi di dapil III Sultra meliputi Kabupaten Muna dan Buton Utara.

Ketiga caleg dari dapil III Sultra tersebut adalah Waode Farida dari PAN, Muniarty Ridwan dari PAN (isteri bupati Buton Utara Ridwan Zakaria) dan Waode Siti Nurlaila dari Partai Golkar.

Selanjutnya satu caleg perempuan berasal dari dapil II Sultra meliputi Kabupaten Konawe Selatan dan Bombana yakni Suriyani Imran berasal dari Partai Golkar (Isteri H.Imran, Bupati Konawe Selatan).

Berikutnya dari dapil IV Sultra meliputi Kota Baubau, Buton dan Wakatobi, terdapat satu orang perempuan yakni Waode Salmatiah yang berasal dari Partai Demokrat.

Tiga caleg persempuan lainnya yang lolos di DPRD Sultra, berasal dari dapil VI Sultra meliputi Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.
Ketiga caleg perempan yang lolos DPRD Sultra dapil VI tersebut adalah Yati Lukman (isteri Sekda Provinsi Sultra/ mantan Bupati Konawe Lukman Abunawas) berasal dari Partai Nasdem, Isyatin Syam dari Partai Demokrat dan Nirna Lachmudin dari Partai Hanura. YOS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top