95 Persen Jalan Kota Kendari Sudah Teraspal

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Warga Kota Kendari patut berbangga dengan kinerja walikotanya yang mampu mengemban amanah membangun dan memperbaiki kualitas infrastruktur jalan raya di kota ini. Kota Kendari memiliki jalan berstatus jalan kota Sekitar 310 Km, dari angka itu sudah teraspal sepanjang 290 Km atau 95 persen dari keseluruhan panjang jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari, Muh. Ali Aksa mengatakan 5 % jalan yang belum teraspal atau sepajang 20 Km merupakan jalan yang baru dibuka termasuk pengalihan status.

Dia menjelaskan tahun 2015 ini pemerintah kota Kendari akan menangani sejumlah jalan strategis yang menjadi kewenangan perintah kota Kendari, diantaranya pengaspalan jalan Bay pass Pasar baru-Swis bell sepanjang 12,4 Km dengan lebar 9 meter dengan total anggaran sebesar Rp 66,9 miliar hingga tahun 2017.

“ Kita dapat tambahan anggaran Rp 55 miliar tahun ini, untuk penanganan jalan Wayong – SMP 17 sepanjang 1 Km dan jalur Camat Puwatu- simpang TPA sepanjang 1,5 Km, serta peningkatan jalan madu sila Rs Abunawas-Pelabuhan samudra kita akan jadikan jalan standar untuk kendaraan berat, lebar 7 meter” jelasnya.

Ia menambahkan program lain yang sudah direncanakan hingga tahun 2017 mendatang diantaranya, pengaspalan jalan TPU Punggolaka(pekuburan)- Jl. RS Jiwa sepanjang 3,49 Km dan lebar 15 meter dengan anggaran sekitar Rp 25,3 miliar.

Jalur yang diaspal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah kota Kendari memecah kemacetan di jalur Mandonga-Puwatu yang cukup padat, sehingga jalur Puwatu-SMP 17 bisa menjadi jalur alternative. Sedangkan jalur pekuburan dibuat untuk mengaatasi kepadatang yang sering kali terjadi ketika menjelang bulan puasa dan Lebaran.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *