Ratusan Demonstran Desak Gubernur Sultra Cabut IUP PT Derawan Berjaya Mining

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Aksi protes kasus penembakan petani Wawonii Tenggara kembali diteriakkan ratusan petani dan aktifis prodemokrasi, Rabu (6/5) siang.

Kali ini para pengunjukrasa mendatangi kantor Gubernur Sultra di kawasan perkantoran Anduonohu Kendari mendesak pemerintah Provinsi Sultra untuk mencabut Ijin Usaha Pertambangan (IUP) PT Derawan Berjaya Mining yang beroperasi di wilayah Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan.

Para pengunjukrasa menilai pencabutan ijin terhadap PT Derawan Berjaya Mining harus dilakukan karena diduga selama beroperasi tidak memiliki dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). PT Derawan Berjaya Mining merupakan perusahaan tambang pasir crhrom yang menguasai wilayah konsesi seluas kurang lebih 10.000 Ha dan telah beroperasi selama kurang lebih 7 tahun. Sebagian besar wilayah konsesi yang dikuasai tambang adalah wilayah kelola pertanian dan tanah sah milik masyarakat Polara.

“Seperti kita ketahui keberadaan tambang sangat merugikan masyarakat khususnya petani. Kasus penembakan dan penangkapan petani polara menjadi bukti tambang telah menjadi biang kerok yang mengusik kehidupan petani. Untuk itu Kami meminta gubernur untuk segera mencabut seluruh ijin-ijin tambang di daerah ini termasuk IUP PT Derawan Berjaya Mining,”ujar Kisran Makati, Direktur Eksekutif Daerah Walhi Sultra. Yos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *