Connect with us

Pengangkatan Dirut PDAM Bombana Langgar Perda

Uncategorized

Pengangkatan Dirut PDAM Bombana Langgar Perda

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Menjabat hingga tiga tahun lamanya (2011-2014), Jabatan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bombana yang dinahkodai Ridwan, S.Sos mulai disorot pihak DPRD Bombana.

Pengangkatan Ridwan dinilai melanggar perda Kabupaten Bombana nomor 3 tahun 2008. Ketua DPRD Bombana Andhy Ardian SH, membenarkan tindak pelanggaran perda tersebut.

Kata dia, seorang calon direksi harus mempunyai pengalaman kerja 10 tahun bagi yang berasal dari PDAM atau mempunyai pengalaman kerja minimal 15 tahun mengelola perusahaan bagi yang bukan berasal dari PDAM.

Akan tetapi, pengangkatan Ridwan selaku Kepala PDAM tiga tahun lalu dinilai belum memenuhi aturan atau syarat tersebut. “Bagaimana aturan bisa ditegakkan, jika Pemda sendiri membiarkan ini terjadi. Dan seolah dibiarkan terjadi tanpa ada perbaikan,” kritiknya.

Dijelaskan, calon direksi harus lulus pelatihan manajemen air minum didalam atau diluar negeri yang telah terakreditasi. Hal ini kata andhy ardian harus dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah. Poin persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah lulus uji kelayakan dan kepatuhan yang dilaksanakan oleh tim ahli yang ditunjuk kepala daerah.

Sementara sepengetahuan ketua DPRD Bombana ini, sejak ditunjuk menjadi Direktur PDAM Bombana, Ridwan, S.Sos, tidak satupun memenuhi persyaratan tersebut. Mantan anggota DPRD Bombana ini hanya diangkat begitu saja, tanpa melalui mekanisme yang disyaratkan sesuai dengan Perda yang sudah disyahkan menjadi sebuah produk hukum.
” Saya itu meminta demi tegaknya sebuah perda, maka jabatan Dirut PDAM saat ini sesegera mungkin ditinjau ulang,” ujarnya. Apalagi kata ketua DPRD Bombana ini, banyak masalah di tubuh PDAM.

Diantaranya yakni, pemberian gaji karyawan yang tersendat, serta kinerja yang kurang maksimal untuk kepuasan masyarakat. “Lihat saja, terkadang air yang disuplai di Rumbia, (ibukota Kabupaten Bombana), terkadang air yang berwarna coklat,” ujarnya. Hingga berita ini ditayangkan, kepala PDAM belum berhasil ditemui. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top