51 Ribu Nelayan Sultra Masuk Asuransi Kecelakaan

SUARAKENDARI.COM- Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tenggara melalui kementerian kelautan dan perikanan mulai tahun 2016 ini akan memberikan asuransi bagi para nelayan yang mengalami kecelakaan saat beraktifitas mencari ikan di laut. Khusus di sulawesi tenggara , sebanyak 51 ribu nelayan akan terkafer dalam asuransi kecelakaan itu.

“Ini mungkin bisa jadi kabar gembira , bagi para nelayan yang selama ini , bila mengalami kecelakaan di laut saat mencari ikantidak pernah mendapatkan asuransi atau pun bantuan pengobatan. Sebab mulai tahun 2016 ini dinas kelautan dan perikanan sulawesi tenggara melalui kementerian kelautan dan perikanan sudah mengalokasikan dana melalui APBN sebesar 12,7 milyar rupiah untuk memberikan asuransi kecelakaan bagi nelayan di Sultra,”ungkap Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Sulawesi Tenggara, Askabul Kijo.

Ia mengatakan, bagi para nelayan yang mengalami kecelakaan saat melakukan aktifitas mencari ikan di laut bisa mengklaim untuk mendapatkan asuransi dari penyedia jasa asuransi yang sudah di tunjuk pemerintah. Adapun syarat bagi nelayan untuk mendapatkan asuransi kecelakaan itu, yakni tergabung dalam kelompok usaha bersama yang ada di wilayahnya dan memiliki kartu nelayan.

Adapun besaran asuransi yang di terima tergantung dari kecelakaan yang di alami.

Selama ini di ketahui, setiap ada kejadian atau pun kecelakaan di laut yang di alami para nelayan mereka harus mengeluarkan biaya sendiri untuk pengobatan maupun perawatannya. Kini dengan adanya kebijakan itu, maka para nelayan tidak perlu repot lagi mengeluarkan biaya apapun jika mengalami kecelakaan, karena sudah di tanggung pemerintah.YJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *