Connect with us

500 Penari Pukau Penonton di Pembukaan MTQ Sultra

Uncategorized

500 Penari Pukau Penonton di Pembukaan MTQ Sultra

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Meski sempat diguyur hujan deras, namun acara Musabaqah Tilawatil Quran tetap meriah usai disuguhkan anekah tarian khas daerah. Sekitar 500 penari dari gabungan para pelajar se Kabupaten Bombana, memukau para penonton saat pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sultra ke-25 di Kabupaten Bombana Rabu malam sekitar pukul 21.15  wita

Gabungan para pelajar itu, memamerkan sejumlah tarian kolosal khas asal daerah Kabupaten Bombana. Diantaranya, tarian beduk, tarian lulo alu, tarian dimba-dimba serta tarian ore-ore.

Yoyok, Ivent organizer (IO) dari imaji production menyatakan ragaman jenis tarian tersebut diawali  atraksi tarian rempak beduk sekitar 20 penari. Tarian tersebut menyambut pukulan beduk  Gubernur Sultra H. Nuralam saat membuka MTQ Sultra ke XXV di Kabupaten Bombana.

Selang 10 menit kemudian, menyusul atraksi 200 penari ore-ore. Tarian yang menggunakan alat musik bambu ini memukau ribuan penonton yang padati tribun MTQ.

Dihadapan tamu undangan (para bupati/walikota se-Sultra) tarian yang menggambarkan pesatnya sistem perdagangan
Kerajaan Morenene (kerajaan di Kabupaten Bombana) itu mendapat tempuk gempita dari penonton.

Usai pertunjukan ore-ore, dilanjutkan  dengan  tarian selendang. Tarian yang dipentaskan sekitar 70 siwa ini menggambarkan keaneka ragaman etnis dan budaya yang selalu hidup rukun dan tentram di Bombana.

Tidak berselang lama menyusul tarian dimba-dimba yang diperagakan sekitar 70 penari. Tarian ini dipadu dengan tarian ore-ore menimbulkan alunan musik yang sangat menarik.

Dimba-dimba oleh masyarakat Bombana merupakan tarian khas usai panen gula aren. Uniknya, perpaduan keduanya lalu di ikuti 140 penari lulo alu. Tarian ini menunjukan kejingkratan dan kecekatan. Sebab semua anak menari diatas himpitan bambu yang selalu diapit.

Sebelumnya, pembukaan MTQ juga dimeriahkan sekitar 300 paduan suara dari agama kristiani yang berpasrtisipasi dalam acara MTQ Sultra di Kabupaten Bombana (BADAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top