34,41 Persen APBD 2015 Kendari untuk Pendidikan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Tahun 2015 ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Kendari sekitar Rp 1,1 triliun, dari dana itu pemerintah kota Kendari menyediakan anggaran untuk sektor pendidikan sebesar 34,41 persen atau Lebih dari Rp 430 miliar.
Walikota Kendari Dr Asrun mengatakan pendidikan masih menjadi prioritas pemerintah kota Kendari selain kesehatan dan pembangunan infrastruktur, apalagi undang-undang sistem pendidikan sudah mengamanatkan penyediaan anggara minimal 20 persen dalam APBN maupun APBD.
“Setiap tahun kami berupaya menyediakan anggaran minimal sesuia undang-undang,namun Alhamdulilah beberapa tahun terakhir anggaran yang tersedia selalu diatas 20 persen” ujarnya.
Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Makmur menjelaskan, anggaran sebesar 34,41 persen itu digunakan untuk menjalanakan 10 program yang sudah disusun menyesuaian Visi dan Misi Pemerintah kota Kendari dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari.
Program yang kami jalankan lanjunya diantaranya, peningkatan kapasitas sumberdaya aparatur, menejemen pelayanan pendidikan dan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
“Kami juga menjalankan program pendidikan wajib belajar 12 tahun dengan target sebesar 95 persen anak usia sekolah bisa tamat pendidikan menengah atau setara SMA, serta program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, kami memfasilitasi sekolah baik S1 maupun S2“,katanya.
Ia menambahkan dengan peningkatan mutu para pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan peningkatan kualitas bisa terus bertambah sehingga kualitas pendidikan di kota Kendari juga semakin membaik.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *