Connect with us

30 Penyelam Sambut HUT Emas Sultra dari Dasar Laut Labengki

Metro

30 Penyelam Sambut HUT Emas Sultra dari Dasar Laut Labengki

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Meski hajatan ulang tahun emas atau yang ke 50 Tahun Provinsi Sulawesi Tenggara jatuh pada tanggal 27 April 2014 namun berbagai kegiatan menjelang hari puncak HUT SULTRA kali ini mulai terlihat di berbagai penjuru provinsi yang dikenal dengan slogan Bumi Anoa ini.

Seperti yang dilakukan 30 penyelam Lokal Sulawesi Tenggara, pada selasa 15 April 2014. Mereka menyambut Ulang Tahun Emas Sulawesi Tenggara dengan cara melakukan Fun Dive dan membentangkan spanduk bertuliskan 50 tahun Sulawesi Tenggara dengan Slogan “ Halo Sultra Masa Depan Indonesia “ di kedalaman laut 12 Meter.

Uniknya adalah, 30 penyelam ini terdiri dari 3 Instruktur SSI ( Scuba School International ) Sulawesi Tenggara, dan sisanya adalah siswa penyelam yang hari itu juga baru menyelesaikan ujian terakhir kelas penyelaman yang diselenggarakan oleh Dinas Parekraf Sultra guna mendapatkan Sertifikasi atau Lisence untuk tingkat Open Water, Advance, dan Master Dive. Bahkan 20 orang penyelam tingkat Open Water yang baru pertama kali mengikuti proses sertfikasi penyelam dengan antusias mengikut prosesi HUT Sultra ke 50 di bawah laut Pulau labengki.

Menurut Zainal Kudus selaku Kadis Parekraf Sultra, alasan kegiatan ini dilakukan di Pulau Labengki sebab hal ini merupakan inisiatif Dinas Parekraf Sultra sendiri yang mengadakan pelatihan selam, selain itu untuk lebih memperkenalkan para penyelam destinasi wisata bahari yang cukup baru dikenal orang, yaitu Pulau Labengki. Dilokasi ini para penyelam akan disuguhkan terumbu karang indah dengan kurang lebih 20 spot penyelaman, pemandangan alam mirip Raja Ampat, dan ini merupakan area penangkaran spesies kima terbanyak Didunia yang dikelola oleh tim Konservasi Kima Toli-Toli Labengki.

Oleh Dinas Parekraf Sultra, diharapkan dari 30 penyelam ini nantinya, ada yang menjadi guide wisata bawah laut Sulawesi Tenggara, yang belakangan ini marak menjadi tujuan wisata namun Guide Wisata Bawah Laut khususnya yang tersedia dan bersertifikasi di Sultra sangat terbatas.

Ahmad Nizar/ino selaku perwakilan Media TV Lokal Kendari, yang ikut bergabung dalam 30 Penyelam ini mengungkapkan kebanggaannya, bisa menyambut HUT Emas Sulawesi Tenggara 2014 dari Dasar laut dan tentu ini kali pertama dilakukan secara massal dalam menyambut HUT Sulawesi Tenggara.TM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top