Connect with us

Jelang Pileg EKTP di Bawah Umur Beredar di Sultra

Uncategorized

Jelang Pileg EKTP di Bawah Umur Beredar di Sultra

RAHA, SUARaAKENDARI.COM-Ini warning bagi kemendagri agar mengawasi ketat rekam data yang dikirim dari seluruh daerah di Indonesia Pasalnya kini beredar E KTP yang dimiliki oleh masyarakat yang masih berusia 15 tahun. Salah satu contoh kasus terjadi di Kota Raha Kabupaten Muna.

Ekha Oktavia Abija siswa kelas 2 disalah satu sekolah kejuruan di Raha Kabupaten Muna ini, baru baru ini telah menerima EKTP. Padahal usia Ekha baru 15 tahun lebih. Tepatnya Ekha lahir tanggal 28/ 10/ 1998 ( 15 red), kini telah memiliki EKTP.

“Kita bingung siapa yang mau disalahkan. Aturannya seorang warga negara wajib memiliki KTP jika sudah berusia 17 tahun. Tapi kenyataannya ada siswa usia 15 tahun sudah punya EKTP,” ujar Kadis Capilduk Kabupaten Muna Samurabi, SH bingung saat dikonfirmasi sejumlah media.

Kata Kadis Capilduk ini, Dinas Capilduk cuma membuat rekam data penduduk, yang mencetak EKTP adalah pusat. ” Yang cetak EKTP itu di pusat, kita juga membuat rekam data saja. Memang ada ederan Kemendagri agar Capilduk membuat rekam EKTP bagi penduduk yang berusia 15 tahun atau 16 tahun. Tapi EKTP itu itu akan diberikan setelah mereka berusia 17 tahun . Kita jadi bingung tiba tiba banyak anak usia sekolah yang belum berusia 17 tahun, telah miliki EKTP. Apalagi jelang pileg, jangan sampai KTP itu disalah gunakan untuk memilih,” tambah Samurabi cemas.

Namun demikian, Kadis Capilduk Kabupaten Muna mengatakan agar menyurati i para camat ,agar tidak membagikan EKTP langsung kepada masyarakat, apalagi para siswa yang belum berusia 17 tahun. ( TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top