Dinkes Sultra Terima Rp 2,7 Milyar dari Pajak Rokok

0

SUARAKENDARI.COM, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima dana sebesar Rp. 2,7 Milyar yang berasal dari sektor pajak rokok. Hal tersebut disampaikan Barwik Sirait saat membawakan materi dengan tema “Pemanfaatan Pajak Rokok” dalam kegiatan Workshop Jurnalis Tentang Masalah Rokok di Hotel Dragon In Kendari, Minggu (22/11/2015).

Dikatakannya, bahwa, sektor penerimaan pajak tersebut dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan termasuk didalamnya sosialisasi dan kampanye tentang bahaya rokok itu sendiri.

“Dana yang dialokasikan dari penerimaan Pajak Rokok itu digunakan untuk berbagai kegiatan dan pelatihan, kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa rokok merupakan salah satu resiko yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit,” terangnya.

Cukup fantastis, jika kita melihat bahwa ternyata penerimaan pajak rokok juga dialokasikan untuk kesehatan. Barwik juga menilai bahwa pemerintah memang tidak tegas dimana melarang untuk merokok, berbagai peringatan dicantumkan tetapi rokok juga tetap diproduksi.

Dikatakannya pula bahwa pada tahun 2016 mendatang, target penerimaan pajak rokok untuk Sultra secara keseluruhan yakni sebesar kurang lebih 135 milyar.

Meskipun demikian, dalam kesempatan tersebut ia tetap menegaskan seberapapun besarnya penerimaan yang didapatkan dari pajak rokok, namun kesehatan harus tetap yang menjadi utama, apalagi perokok aktif juga dapat merugikan kesehatan orang lain yang menjadi perokok pasif. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.