2015 Pemkot Tuntaskan Pembangunan VIP RSUD Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Meningkatnya jumlah pasien yang berkunjung ke RSUD Kendari membuat pemerintah kota Kendari terus melakukan pembenahan di RSUD Kendari. Saat ini pemerintah kota Kendari tengah menyelesaikan pembangunan ruang pelayanan untuk pasien kelas satu sebanyak 16 ruangan.
“ Untuk fasilitas kamar kelas 1, VIP, VVIP sekarang dalam konstruksi, dan untuk kelas 1 ini untuk sementara saya akan jadikan VIP sebanyak 16 kamar dan di perubahan ini langsung dianggarkan untuk pembelian fasilitasnya” ujar Wali Kota Kendari Asrun, Senin (31/8/2015).
Di perubahan APBD kali ini lanjut Asrun pemkot menyediakan anggaran sekitar 700 juta untuk melengkapi fasilitas di ruang VIP tersebut termasuk penyelesaiaan fisik bangunan, sehingga bisa di gunakan tahun 2015.
Ia menargetkan tahun 2016 mendatang RSUD Kendari akan naik kelas dari rumah sakit tipe C menjadi rumah sakit tipe B, sehingga bisa menjadi rujukan bagi kabupaten di luar kota Kendari.
Direktur RSUD Kendari Asrida Mukaddim menjelaskan saat ini sejumlah sarana yang dimiliki RSUD Kendari sudah lengkap seperti fasilitas di ruang operasi dan ICU, Kamar bayi. Sedangkan untuk jumlah tempat tidur yang terdapat dirumah sakit berjumlah 149 termasuk 110 untuk kelas tiga.
Menurutnya jumlah tempat tidur ini telah memenuhi syarat 70 persen bagi rumah sakit pemerintah untuk melayani pasien jamkesmas atau pasien tidak mampu yang saat ini sudah terintegrasi dengan BPJS, jumlah ini masih akan bertambah sebanyak 16 tempat tidur jika ruangan VIP telah tuntas pembangunannya.
“Ada beberapa keunggulan yang kita miliki seperti tempat perawatan kelas 3 jika umumnya dalam 1 ruangan berkumpul 8 pasien, maka di rumah sakit ini kami siapkan 1 kamar untuk pasien” kata mantan kepala puskesmas Poasia ini.
Ia menjelaskan fasilitas lain yang di miliki rumah sakit ialah laboraturium lengkap, Radiologi, Fisioterapi dan fasilitas yang baru disediakan yakni terapi okupasi. Terapi okupasi ini lanjut Asrida disediakan bagi anak yang terlambat berbicara atau bergerak.
Saat ini tambahnya RSUD Kendari sudah memiliki 2 dokter sub spesialis yakni jantung dan onkologi (Bedah Tumor)(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *