Connect with us

Buta Aksara di Sultra Capai 75 Ribu Orang

Suara Pendidikan

Buta Aksara di Sultra Capai 75 Ribu Orang

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Membaca merupakan jendela dunia untuk mencerdasakan bangsa ini. Untuk itu, pemerintah juga terus berupaya untuk melakukan pemberantasan terhadap buta aksara yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Damsid, mengatakan bahwa saat ini masih tercatat sekitar 75 ribu orang yang buta aksara dan terus dilakukan pembinaan.

“Untuk Sultra sendiri, buta aksaranya sekitar 75 ribu yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota yang ada di Sultra,” terangnya, Kamis (20/2/2014).

Meskipun tidak mengingat pasti dimana jumlah terbanyak sebaran buta aksara yang ada di Sultra, namun ia memastikan hampir diseluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra belum bebas dari buta aksara.

Lanjutnya, usia buta aksara yang tersebar tersebut juga cukup bervarisasi yakni antara usia 15 hingga 59 tahun. Putus sekolah merupakan salah satu faktor penyebab buta aksara. Tapi, bukan berarti pemerintah berpangku tangan dengan keadaan tersebut, pihaknya terus berupaya untuk memberantas buta aksara.

“Tahun lalu sudah kami programkan sekitar lima ribu, tahun ini kami program lagi pemberantasan buta aksara sebanyak delapan ribu, sehingga kami targetkan pada tahun 2015 atau 2016 sudah tidak ada lagi buta aksara di Sultra,” ujarnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top