Connect with us

19 Penumpang Selamat Dievakuasi, 4 Orang Masih Dicari

Metro

19 Penumpang Selamat Dievakuasi, 4 Orang Masih Dicari

 

KENDARI, SUARAKENDARI. COM- Tim Search and Rescue (SAR) Kendari, Rabu dini hari malam berhasil mengevakuasi 19 orang korban kapal tenggelam di perairan laut Banda di dermaga Basarnas setempat. Sebelumnya, para penumpang dan anak buah kapal bertahan di laut selama 15 jam dengan berpegangan di badan kapal yang terbalik. Mereka ditemukan kapal nelayan KM Fajar Mulia yang tengah melintas di perairan tersebut.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di kapal SAR Kendari, 19 orang yang terdiri dari anak-anak dan wanita diinapkan di kantor dinas sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, jalan Malaka, Kecamatan Poasia, Kendari.

” Kami memberikan akomodasi dan memfasilitasi kepulangan mereka ke Baubau. Selanjutnya, pemerintah setempat memulangkan mereka ke daerah asalnya,” ungkap Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (21/5/2014).

Menurutnya, 19 orang yang selamat dipulangkan ke Baubau dengan menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Nusantara Kendari.

” Mereka merupakan warga Pulau Buru, Maluku dan Bangka Belitung dan Pulau Binongko, Wakatobi,” terangnya.

Salah seorang korban kapal tenggelam,Muhlis Safari menjelaskan, kapal yang ditumpangi dihantam gelombang tinggi hingga menyebabkan kapal tersebut terbalik di perairan laut Banda.

” Kejadiannya sangat cepat, kapal langsung terbalik saat kami menuju Baubau. Kami bertahan di kapal yang terbalik, sampai ada kapal yang menolong kami,” tuturnya.

Sementara itu, tim SAR Kendari kembali melanjutkan pencarian terhadap empat orang penumpang yang masih hilang dalam kejadian kapal tenggelam.

” Empat orang yang masih kami cari yaitu Sri Hartati (34), Alif Sabali (5) dan Wa Musni (26) dan seorang laki-laki berusia 64 tahun,” jelas Kepala kantor SAR Kendari, Jafar Henahulu.

Untuk pencarian empat orang yang hilang itu kata Jafar, melibatkan 21 orang dari kantor SAR Kendari dan KN Mayang dari kantor Navigasi Kendari. Sebelumnya diberitakan, KM. Alis Permata, sebuah kapal barang tenggelam di perairan laut Banda, Senin (19/5/2014).

Kapal berkekuatan 36 gross ton memuat kopra bertolak dari Pulau Buru menuju kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Sebanyak 19 anak buah kapal bisa diselamatkan, sementara empat orang lainnya masih dicari.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top