Connect with us

17 Maret Kemendikbud Rilis Daftar PTS Ilegal

Uncategorized

17 Maret Kemendikbud Rilis Daftar PTS Ilegal

RAHA, SUARAKENDARI.Com-Merupakan langkah maju yang apa yang akan dilakukan oleh Kemendikbud dengan meliris daftar PTS ilegal da bermasalah khususnya di Sultra dan umunya diseluruh Indonesia. Jika tidak ada aral,  tanggal  17 Maret mendatang Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bakal merilis daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ilegal dan Bermasalah tersebut.

Langkah ini, diambil oleh  Kemendikbud agar masyarakat lebih berhati-hati ketika memilih perguruan tinggi swasta. Hal ini diungkapkan Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi, Prof. DR. Ir. Hj. Andi Niarti Ningsih, M.P  dalam acara wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna di Raha, Senin (17/2).

“17 Maret 2014  Kemendikbud akan rilis daftar PTS  ilegal dan bermasalah, “ujarnya menurut. Andi Niart  saat ini dari 353 perguruan tinggi swasta yang dibawahi  Kopertis wilayah IX Makassar, tercatat ada  63 PTS yang bermasalah.

Menurut dia, ada beberapa kategori yang mendasari, sehingga PTS yang ada dimasukan dalam kategori ilegal dan bermasalah. Diantaranya PTS yang belum mengantongi izin dari Direktur Jendral  Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud, standard mutu pendidikan yang diselenggarakan PTS termasuk akreditasi, pelaksanaan kelas jauh, rasio dosen dan mahasiswa, kualifikasi dosen, hingga konflik antara yayasan dan pengelola ataupun  konflik internal. .

Terkait rencana meningkatkan status STIP Wuna menjadi universitas yang telah diwacanakan sekian lama, Andi Niarti mengungkapkan ada beberapa persyaratan mutlak  yang mesti dilengkapi. Diantaranya jumlah prodi minimal sepuluh prodi dimana setiap prodi mempunyai modal awal Rp. 540 juta,  Memiliki lahan sendiri dan harus memiliki enam dosen dengan kualifikasi magister atau S2.

Sementara itu  Bupati Muna, LM. Baharuddin mengungkapkan, pemerintah daerah  akan memberikan perhatian khusus kepada empat orang lulusan terbaik tahun ini.

” Pemerintah akan memberikan beasiswa pendidikan paska sar ” Pemerintah akan memberikan beasiswa pendidikan paska sarjana bagi keempat alumni tersebut sesuai kapasitas dan kapabilitasnya, “sebut Bupati.

Dalam wisuda kemarin, tercatat sebanyak seratus empat puluh orang yang dikukuhkan menjadi sarjana strata satu (S1). Mereka terbagi atas jurusan Kehutanan 42 orang, Perikanan 20 orang, Agrobisnis 39 orang dan Agribisnis 39 orang. ( TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top