Connect with us

13 IUP di Bombana Akan Dicabut

Uncategorized

13 IUP di Bombana Akan Dicabut

 

BOMBANA-Jika tidak ada aral melintang, Pemkab Bombana siap mencabut 13 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dinilai bermasalah atau merugikan daerah.

Keberadaan 13 IUP tersebut, dinilai tidak memberi kontribusi. Datang cuma mencaplok lahan di Bombana namun tidak memberdayakan area yang sudah dikapling tersebut. Bahkan ditengarai sejumlah tunggakan kewajiban, tidak digubris atau dilunasi.

“Sudah kami usulkan, tinggal  menunggu prosesnya. Pencabutan IUP itu punya mekanisme, kini masih tahap proses,” terang Syahrun Kabid Pertambangan Kabupaten Bombana

Syahrun masih merahasiakan nama nama perusahaan yang dipaksa untuk angkat kaki dari  wilayah Bombana itu. “Nantilah, bila sudah ada putusannya, kami akan publis nama-namanya. Yang jelas, ada perusahaan emas, ada perusahaan Nikel, Batu krom dan perusahaan lainnya,” terangya

Ditengarai Perusahaan yg siap “ditendang” itu akibat menunggak atau tidak membayar sejumlah kewajiban kepada daerah maupun negara. Satu diantaranya itu soal urusan pajak.

“Untuk apa dipertahankan bila tidak memberikan kontribusi untuk daerah dan masyarakat. Soal Pajaknya saja, (para investor) tidak punya inisiatif untuk membayar. Lalu apa yang dipertahankan. Inilah yang jadi pertimbangan usulan pencabutan itu,” tukas Syahrun. (Dar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top